Monday, August 24, 2020

LIMA BELAS (15) MUSUH IBLIS

بسم الله الرحمن الرحيم 


musuh iblis,musuh syaithan,musuh setan

Pengertian Musuh Iblis

Musuh dapat diartikan sebagai sesuatu yang dipandang sebagai ancaman dan akan merugikan. Sedangkan iblis dapat diartikan makhluk dari golongan jin yang diciptakan Allah, akan tetapi ia menantang dan membangkang perintah Allah. Dan iblis memiliki sifat syaithan, seperti yang dijelaskan dalam Al Quran, yaitu mengajak manusia kepada neraka  dan menjauhi kita dari Allah dan juga ia menyeru kepada yang munkar dan menjauhi kebaikan. Seperti firman Allah di bawah ini ;

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ كُلُواْ مِمَّا فِي ٱلۡأَرۡضِ حَلَٰلٗا طَيِّبٗا وَلَا تَتَّبِعُواْ خُطُوَٰتِ ٱلشَّيۡطَٰنِۚ إِنَّهُۥ لَكُمۡ عَدُوّٞ مُّبِينٌ 

“Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu.” (QS. Al Baqoroh : 168)

 

Jadi musuh iblis adalah ancaman atau sesuatu yang merugikan bagi Iblis. Yakni, bisa dikatakan, kita sebagai manusia harus bisa menjadi musuh nya, yaitu kebalikan dari sifat syaithan. Seperti kita harus mengajak kepada kebaikan, serta menjauhi yang munkar. Bisa juga dapat dikatakan bahwa iblis ingin mengajak kita masuk ke dalam neraka, jadi kita sebagai manusia harus bisa menjadi musuh baginya, sehingga akhirnya kita dapat masuk ke surga nya Allah.

 

Lima Belas (15) Musuh Iblis

Secara keseluruhan, dalam sebuah kitab Sirajut Thalibin, Dari Wahhab bin Munabbih rahimahullah bahwa musuh iblis ada lima belas (15). Dari Wahhab bin Munabbih berkata :

أمر الله تعالى إبليس أن يأتي محمدا ﷺ ويجيبه عن كل مايسأله. فجاءه على صورة شيخ وبيده عكاز, فقال له من أنت؟ قال : أنا إبليس. فقال لماذا جئت؟ قال إن الله أمرنى أن آتيك وأجيبك عن كل ماتسألنى. فقال النبي ﷺ : ياملعون! كم أعداؤك من أمتي ؟ قال خمسة عشر. أولهم أنت, والثاني إمام عال, والثالث غني متواضع, والرابع تاجر صادق, والخامس عالم متخشع, والسادس مؤمن ناصح, والسابع مؤمن رحيم القلب. والثامن تائب ثابت على التوبة, والتاسع متورع عن الحرام, والعاشر مؤمن يديم على الطهارة, والحادى عشر مؤمن كثير الصدقة, والثانى عشر مؤمن حسن الخلق مع الناس, والثالث عشر مؤمن ينفع الناس, والرابع عشر حامل القرآن يديم على تلاوته, والخامس عشر قائم بالليل والناس نيام. ..... فهؤلاء إخونى


BACA JUGA : SEPULUH (10) TEMAN IBLIS


Suatu ketika, Allah menyuruh iblis untuk mendatangi Muhammad dan menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh Muhammad . Maka, datang iblis dalam bentuk orang tua membawa tongkat.

Bersabda Muhammad : “siapa engkau?”.

berkata iblis : “saya iblis”.

Bersabda Muhammad : “kenapa engkau datang?”

Berkata iblis : “sesungguhnya Allah menyuruhku untuk mendatangi engkau Muhammad dan menjawab semua pertanyaan mu”.

Bersabda Muhammad : “wahai yang terlaknat!. Berapa banyak musuhmu dari umatku?

Berkata iblis : “lima belas (15)”

1.      Engkau ya Muhammad.

2.      Pemimpin yang adil

3.      Orang kaya yang rendah hati

4.      Pedagang / pengusaha yang jujur

5.      Orang ‘alim yang khusyu’

6.      Orang mukmin yang menasehati

7.      Orang mukmin yang berhati penyayang

8.      Orang yang selalu bertaubat

9.      Orang yang waspada terhadap barang haram

10.  Orang beriman yang selalu menjaga wudhu’

11.  Orang mukmin yang banyak bersedekah

12.  Orang mukmin yang baik akhlak kepada manusia

13.  Orang mukmin yang memberi manfaat kepada manusia

14.  Orang yang selalu membaca Al Quran dan mengamalkannya

15.  Orang yang mendirikan shalat malam, sedangkan manusia lain tidur

Berkata iblis : “mereka itulah semua musuh-musuhku”.

 

Penutup

Oleh karena iblis selalu mengajak kita kepada neraka, serta selalu menjauhi kita dari Allah. Maka, marilah kita berusaha dan selalu istiqomah menjadi musuh iblis sampai ajal menjemput kita. Bagaimana kita menjadi musuh iblis? Yang pasti, dengan manjadi ancaman baginya, dengan menjadi lima belas (15) golongan, yang telah penulis sebutkan di atas. Sehingga, kita menjadi hamba Allah yang bertakwa, dan akhirnya kita menjadi penghuni surga firdaus. Amin ya rabbal ‘alamin.

 

والله أعلم

 

No comments:

Post a Comment

Advertisement
Advertisement