Thursday, August 13, 2020

PESAN - PESAN IMAM SYAFI'I

PESAN IMAM SYAFI'I

Imam Syafi'I punya nama asli, Abu Abdullah Muhammad bin Idris asy-Syafi'i al-Muththalibi al-Qurasyi. Dia lahir di Ashkelon, Gaza, Palestina pada tahun 150 H/767 M. kemudian meninggal di Fusthat, Mesir, 204 H/819 M Sebagaimana disebutkan sejarah. Dia adalah seorang mufti besar Sunni Islam dan juga pendiri mazhab Syafi'i.
Imam Syafi’i banyak menghabiskan waktunya di Masjidil Haram untuk mempelajari berbagai macam ilmu agama seperti ilmu fiqih, Alquran, Hadis, bahasa, dan kesusasteraan. Pada usia tujuh tahun, Imam Syafi’i dapat menghafal Alquran sebanyak 30 juz dengan lancar dan fasih. Inilah bukti kecerdasan otak dan akal budi yang dimiliki Imam Syafi’i. Karena tak semua manusia yang memiliki kecerdasan otak bisa menghafal Alquran di usia semuda itu, kecuali jika Allah menjaganya dari perbuatan dosa.
Dan beliau juga banyak menciptakan karya-karya seperti menulis kitab. Kitab yang ditulis beliau, bahkan terkenal dan masih dipakai oleh ulama-ulama sekarang adalah kitab Al-Umm, Ar-Risalah dan yang lainnya.
Dan kalam-kalam beliau mengandung makna yang pesan mendalam bagi orang-orang setelahnya. Berikut beberapa pesan Imam Syafi’I ;


"Bila kamu tak tahan lelahnya belajar, maka kamu akan menanggung pedihnya kebodohan"

"Jangan cintai orang yg Tidak mencintai Allah. Allah saja ia tinggalkan, apalagi kamu"

"Barangsiapa yang menginginkan husnul khatimah, hendaklah ia selalu bersangka baik dengan manusia"

"Ilmu itu Bukan yang dihafal tetapi yang memberi manfaat"

"Siapa yang menasehatimu secara sembunyi-sembunyi, maka ia benar-benar menasehatimu. Siapa yang menasehatimu di khalayak ramai, dia sebenarnya menghinamu"

"Berapa banyak manusia yang masih hidup dalam kelalaian, sedangkan kain kafan sedang di tenun"

"Jadikan akhirat di hatimu, dunia di tanganmu dan kematian di pelupuk matamu"

"berkatalah sekehendakmu untuk menghina kehormatanku, diamku dari orang hina adalah suatu jawaban. Bukanlah artinya aku tidak mempunyai jawaban, tetapi Tidak pantas bagi singa meladeni anjing"

"Amalan yang paling berat diamalkan ;
1.      Dermawan saat yang dimiliki sedikit.
2.      Menghindari maksiat saat sunyi tiada siapa-siapa.
3.      Menyampaikan kata-kata yang benar di hadapan orang diharap atau ditakuti"

"Orang yg hebat adalah orang yg memiliki kemampuan menyembunyikan kesusahannya, sehingga orang lain menyangka bahwa dia berkecukupan karena dia tidak pernah meminta"

SEMOGA ALLAH MELEMBUTKAN HATI KITA DAN SEMOGA ALLAH SELALU MERAHMATI BELIAU IMAM SYAFI'I

No comments:

Post a Comment

Advertisement
Advertisement