Friday, August 14, 2020

SURAH AL FALAQ, TAFSIR JALALAIN

 

tafsir jalalain surah al falaq

سورة الفلق

مكية او مدنية وآياتها خمس

Termasuk surah makiyah (surah yang diturunkan setelah hijrah) atau surah madaniyah (surah yang diturunkan setelah hijrahnya nabi), berjumlah 5 ayat.

بسم الله الرحمن الرحيم

نزلت هذه السورة والتي بعدها لما سحر لبيد اليهودي النبي ﷺ في وتر به إحدى عشرة عقدة فأعلمه الله بذلك وبمحله فأحضر بين يديه ﷺ وأمر بالتعوذ بالسورتين, فكان كلما قرأ آية منها انحلت عقدة ووجد خفة, حتى انحلت العقد كلها وقام كأنما نشط من عقال

Surat ini diturunkan setelahnya, ketika Lubaid dari golongan yahudi menyihir Nabi Muhammad di dalam urat beliau dengan sebelas ikatan sihir. Dan Allah memberi tahu Nabi tentang itu dan tempat sihir tersebut. Maka Allah menyuruh Nabi Muhammad membaca dua surah (surah al falaq dan an naas) untuk perlindungan. Dan setiap dibaca satu ayat, terlepas 1 ikatan sihir, dan Nabi terasa ringan tubuhnya, sehingga terlepas semua ikatan sihir tersebut.

1.            ﴿قُلۡ أَعُوذُ بِرَبِّ ٱلۡفَلَقِ﴾ الصبح

Katakanlah aku berlindung kepada Rab yang menguasai waktu falaq / waktu subuh

2.            ﴿مِن شَرِّ مَا خَلَقَ﴾ من حيوان مكلف وغير مكلف وجماد كالسم وغير ذلك

Dari kejahatan apa yang telah diciptakannya, yaitu dari kejahatan makhluk hidup yang berakal dan tidak berakal dan dari kejahatan benda mati seperti racun dan lainnya.

3.            ﴿وَمِن شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ﴾ أي الليل إذا أظلم والقمر إذا غاب

Dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, yakni kejahatan malam hari apabila telah gelap dan kejahatan waktu purnama apabila telah terbenam

4.            ﴿وَمِن شَرِّ ٱلنَّفَّٰثَٰتِ﴾ السواحر تنفث ﴿فِي ٱلۡعُقَدِ﴾ التي تعقدها في الخيط تنفخ فيها بشيء تقوله من غير ريق, وقال الزمخشري معه كبنات لبيد المذكور

Dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus, yaitu tukang-tukang sihir wanita yang menghembuskan sihir-sihirnya pada buhul-buhul yang dibuat pada pintalan, kemudian pintalan yang berbuhul itu ditiup dengan memakai mantera-mantera tanpa ludah. Zamakhsyari mengatakan : “sebagaimana yang telah dilakukan oleh anak-anak perempuan Lubaid yang telah disebutkan di atas”.

5.            ﴿وَمِن شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ﴾ أظهر حسده وعمل بمقتضاه, كلبيد المذكور من اليهود الحاسدين للنبي ﷺ, وذكر الثلاثة الشامل لها ما خلق بعده لشدة شرها.

Dan dari kejahatan orang yang dengki apabila ia dengki atau apabila ia menampakkan kedengkiannya lalu berusaha atas kedengkian yang telah dipendamnya. Sebagaimana yang telah dilakukan oleh Lubai si Yahudi. Dia termasuk orang-orang yang dengki Dengan Rasulullah . Ketiga jenis kejahatan yang disebutkan sesudah lafadz ‘ma khalaq’ adalah sudah mencakup di dalamnya (kejahatan malam, tukang-tukang sihir, orang dengki) dan sudah terkandung di dalam maknanya. Tetapi disebutkan lagi, mengingat kejahatan yang ditimbulkan oleh ketiga perkara ini sangat parah dan bahaya.


والله أعلم

No comments:

Post a Comment

Advertisement
Advertisement