Friday, August 7, 2020

TAFSIR SURAH AL-FATIHAH – TAFSIR JALALAIN

 سورة الفاتحة

مكية, سبع آيات بالبسملة إن كانت منها. والسابعة صراط الذين الى آخر غير. وإن لم تكن منها, فالسابعة غير المغضوب الى أخرها, ويقدر فى أولها قولوا ليكون ما قبل "إياك نعبد مناسبا له بكونها من مقول العباد".

Surah Al-fatihah

Termasuk surah makkiyah (diturunkan sebelum nabi hijrah ke madinah), 7 ayat jika basmalah termasuk ayat. Maka ayat ke-7 adalah صراط الذين sampai akhir. Jika basmalah bukan termasuk ayat al-fatihah, maka ayat ke-7 adalah غير المغضوب sampai akhir. Ditetapkan basmalah bukan ayat karena sebelum ayat إياك نعبد adalah cocok dengan sifat / keadaan Allah dari perkataan hambanya.

1.    بسم الله الرحمن الرحيم.

Dengan nama Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.

2.    ﴿ الحمد لله جملة خبرية قصد بها الثناء على الله بمضمونها على أنه تعالى مالك لجميع الحمد من الخلق أو مستحق لأن يحمدوه, والله علم على المعبود بحق. ﴿ رب العالمين أي مالك جامع الخلق من الإنس والجن والملائكة والدواب وغيرهم. وكل منها يطلق عليه عالم, يقال عالم الإنس وعالم الجن الى غير ذلك. وغلب فى جمعه بالياء والنون أولى العلم على غيرهم, وهو من العلامة لأنه علامة على موجده.

 ﴿ الحمد لله ﴾ merupakan pernyataan berita/khabar, bermaksud sebagai pujian kepada Allah dengan segala pengertian yang terkandung dengannya, karena Allah memiliki semua pujian dari semua makhluk, atau zat yang harus mereka puji. Dan  lafadz “الله” adalah nama zat yang harus disembah. ﴿ رب العالمين ﴾ artinya memiliki semua pujian dari makhluk dari golongan manusia, jin, malaikat, hewan-hewan dan makhluk lainnya. Masing-masing dari makhluk tersebut disebut alam. Dikatakan alam manusia, alam jin dan alam selainnya. Lafadz “العالمين” merupakan kata jama’ untuk menekankan makhluk yang berakal atas makhluk yang lain, merupakan tanda bagi adanya yang menciptakannya.

3.    ﴿ الرحمن الرحيم أي ذي الرحمة وهي إرادة الخير لأهله.

﴿ الرحمن الرحيم ﴾ yaitu yang mempunyai rahmat, rahmat adalah menginginkan kebaikan kepada yang menerimanya.

4.    ﴿ ملك يوم الدين أي الجزاء وهو يوم القيامة, وخص بالذكر لأنه لاملك ظاهرا فيه لأحد إلا الله تعالى بدليل ( لمن الملك اليوم؟ لله ) ومن قرأ مالك فمعناه مالك الأمر كله فى يوم القيامة أو هو موصوف بذلك دائما ( كغافر الذنب ) فصح وقوعه صفة لمعفرة.

﴿ ملك يوم الدين ﴾ yaitu, pembalasan di hari kiamat. Disebutkan secara khusus, karena tidak ada kekuasaan kecuali kekuasaan Allah. Sesuai dalil ( kepunyaan siapakah kerajaan hari ini (kiamat)? Kepunyaan Allah). Siapa yang membaca dengan memanjangkan huruf “ma” pada kata “ملك”, maka maknanya adalah Allah yang memiliki segala perkara di hari kiamat atau memiliki sifat ini selamanya, seperti (Maha Pengampun), maka lafadz “ملك يوم الدين” telah sah menjadi sifat bagi Allah karena sudah dikenal.

5.    ﴿ إياك نعبد وإياك نستغين أي نخصك بالعبادة من توحيد وغيره ونطلب المعونة على العبادة وغيرها.

﴿ إياك نعبد وإياك نستغين ﴾ yaitu, kami hanya beribadah kepada-Mu seperti bertauhid dan lain-lain dan hanya meminta pertolongan kepada-Mu dalam menghadapi hamba-Mu dan lain-lain.

6.    ﴿ اهدنا الصراط المستقيم أي أرشدنا اليه. ويبدل منه :

﴿ اهدنا الصراط المستقيم ﴾ yaitu, bimbinglah kami ke jalan lurus. Dan dijelaskan :

7.    ﴿ صراط الذين أنعمت عليهم بالهداية ويبدل من الذين بصلته ﴿ غير المغضوب عليهم وهم اليهود ﴿ ولا وغير ﴿ الضالين وهم النصارى ونكتة البدل إفادة أن المهتدين ليسوا يهودا ولا نصارى. والله أعلم بالصواب.

﴿ صراط الذين أنعمت عليهم yaitu, dengan hidayah, dan diperjelas lagi dengan ﴿ غير المغضوب عليهم ﴾ yaitu bukan orang-orang yang engkau murkai, yaitu “yahudi” ﴿ ولا ﴾ dan bukan juga ﴿ الضالين ﴾ orang-orang yang tersesat, yaitu “nashrani”. Faedah yang kita dapat adalah bahwa “orang yang mendapat hidayah / petunjuk adalah bukan orang yahudi dan nashrani”. Allah yang Maha Mengetahui maksudnya.

واليه المرجع والمآب, وصلى الله على سيدنا محمد وعلى آله وصحبه وسلم تسليما كثيرا دائما أبدا, وحسبنا الله ونعم الوكيل ولا حول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم.

Kepada-Nya lah kita kembali, shalawat kepada Nabi Kita Muhammad dan keluarga beliat dan sahabat-sahabatnya. Serta keselamatan yang tercurah banyak selama-lamanya. Cukuplah Allah sebagai penolong dan Allah sebaik-baik penolong, tidak ada daya dan kekuatan kecuali atas izin Allah yang Maha Tinggi dan Maha Agung.

 

فاسألوا أهل الذكر إن كنتم لاتعلمون

 

tanyakan kepada yang mengetahui / yang paham! jika kamu belum/tidak mengetahuinya.


No comments:

Post a Comment

Advertisement
Advertisement