Saturday, August 8, 2020

SURAH AL BAQOROH 1-7 - TAFSIR JALALAIN

AL BAQOROH 1-7


سورة البقرة

مدنية مائتان وست او سبع وثمانون آية

Termasuk surah madaniyah (surah yang diturunkan setelah hijrahnya nabi), berjumlah 286 atau 287 ayat.

بسم الله الرحمن الرحيم

1.   ﴿ آلم الله اعلم بمراده بذلك

Allah yang lebih mengetahui akan maksudnya.


2.    ﴿ ذلك أي هذا ﴿ الكتاب الذي بقرؤه محمد ﴿ لا ريب لا شك ﴿ فيه أنه من عند الله وجملة النفي خبر مبتدؤه ذلك والإشارة به للتعظيم ﴿ هدى خبر ثان أي هاد ﴿ للمتقين الصائرين الى التقوى بامتثال الأوامر واجتناب النواهى لاتقائهم بذلك النار.

﴿ ذلك ﴾ ini adalah ﴿ الكتاب ﴾ kitab yang dibaca oleh Muhammad ﴿ لا ريب ﴾ tidak ada keraguan / kebimbangan ﴿ فيه ﴾ di dalamnya, bahwa kalimat ini adalah kalimat negatif, dan yang menjadi subjeknya adalah ‘ذلك’ diisyaratkan sebagai penghormatan. ﴿ هدى ﴾ petujuk merupakan prediket kedua, menjadi penuntun ﴿ للمتقين ﴾ untuk orang-orang yang berusaha kepada takwa dengan mengikuti apa yang diperintahkan Allah dan menjauhi apa yang dilarang agar menjaga diri dari neraka.

 

3.   ﴿ الذين يؤمنون يصدقون ﴿ بالغيب بما غاب عنهم من البعث والجنة والنار ﴿ ويقيمون الصلاة أي يأتون بها بحقوقها ﴿ ومما رزقناهم أعطيناهم ﴿ ينفقون فى طاعة الله.

﴿ الذين يؤمنون ﴾ adalah orang-orang yang membenarkan ﴿ بالغيب ﴾ yang tidak tampak oleh mereka seperti hari kebangkitan, surga dan neraka ﴿ ويقيمون الصلاة ﴾ atau melakukan shalat sebagai harusnya ﴿ ومما رزقناهم ﴾ dan dari apa yang kami berikan kepada mereka – orang mukmin ﴿ ينفقون ﴾ mereka belanjakan untuk ta’at kepada Allah.

 

4.  ﴿ والذين يؤمنون بما أنزل إليك أي القرآن ﴿ وما أنزل من قبلك أي التوراة والإنجيل وغيرهما ﴿ وبالآخرة هم يوقنون يعلمون.

﴿ والذين يؤمنون بما أنزل إليك ﴾ dan orang-orang beriman dengan apa yang diturunkan kepadamu (Muhammad), yaitu Al-Quran ﴿ وما أنزل من قبلك ﴾ dan apa yang diturunkan sebelum kamu, yaitu Taurat, Injil dan selain keduanya ﴿ وبالآخرة هم يوقنون ﴾ dan yakin secara pasti terhadap hari akhirat.

 

5.    ﴿ أولئك الموصوفون بما ذكر ﴿ على هدى من ربهم وأولئك هم المفلحون الفائزون بالجنة الناحون من النار.

﴿ أولئك ﴾ yaitu, orang-orang memenuhi sifat-sifat yang telah disebutkan

﴿ على هدى من ربهم وأولئك هم المفلحون ﴾ akan mendapat petunjuk dari Allah dan mereka termasuk orang-orang yang beruntuk / berhasil meraih surga Allah dari terlepas dari siksa api neraka.

 

6.     ﴿ إن الذين كفروا كأبي جهل وأبي لهب ونحوهما ﴿ سواء عليهم أأنذرتهم بتحقيق الهمزتين وإبدال الثانية ألفا وتسهيلها وإدخال ألف بين المسهلة والأخرى وتركه ﴿ أم لم تيذرهم لايؤمنون لعلم الله منهم ذلك فلا تطمع فى إيمانهم, والإنذار إعلام مع تخويف.

﴿ إن الذين كفروا ﴾ sesungguhnya orang-orang kafir seperti Abi Jahal, Abi Lahab dan orang kafir seperti keduanya ﴿ سواء عليهم أأنذرتهم ﴾ sama saja, diberi peringatan. Dibaca dua hamzah secara tegas atau dapat diganti hamzah yang kedua dan ditashilkan - satu hamzah yang dibaca dengan panjang dan hamzah yang lain hilang ﴿ أم لم تيذرهم لايؤمنون ﴾ atau tidak diberi peringatan, Allah telah mengetahuinya. Maka kamu jangan berharap keimanan mereka. Dan ‘الإنذار’ adalah peringatan disertai ancaman.

 

7.    ﴿ ختم الله على قلوبهم طبع عليها واستوثق فلا يدخلها خير ﴿ وعلى سمعهم أي مواضعه فلا ينتفعون بما يسمعونه من الحق ﴿ وعلى أبصارهم غشاوة غطاء فلا يبصرون الحق ﴿ ولهم عذاب عظيم قوي دائم.

﴿ ختم الله على قلوبهم ﴾ yaitu, tertutup rapat hati mereka sehingga tidak dapat dimasuki kebaikan di hati mereka ﴿ وعلى سمعهم ﴾ yaitu, alat-alat atau sumber-sumber pendengaran mereka tertutup sehingga tidak mendapat manfaat kebenaran yang mereka terima ﴿ وعلى أبصارهم غشاوة ﴾ yaitu, tertutup mata mereka dari kebenaran ﴿ ولهم عذاب عظيم ﴾ mereka mendapat siksa yang berat dan selamanya.

  

فاسألوا أهل الذكر إن كنتم لاتعلمون

tanyakan kepada yang mengetahui / yang paham! jika kamu belum/tidak mengetahuinya.

 



Asbabun nuzul : بسم الله الرحمن الرحيم  dan setelah : maka ini adalah kitab [ لباب النقول فب أسباب النزول ]. Al furyabi dan Ibnu jarir menjelaskan dari mujahid, dia berkata : 4 ayat awal baqoroh (ayat 2 – 5) diturunkan pada orang mukmin, dan dua ayat baqoroh (ayat 6 – 7) pada orang kafir dan 13 ayat baqoroh (ayat 8 – 20) pada orang munafik.

Asbabun nuzul ayat enam Ibnu jarir menjelaskan, dari Thoriq bin Ishaq, dari Muhammad bin Abi Muhammad, dari Abi Ikrimah, dari Sa’id bin Jabir, dari Ibnu ‘Abbas dapa perkataan Allah SWT إن الذين كفروا ﴿ dua ayat (ayat 6 dan 7) diturunkan pada orang yahudi madinah. Dan dijelaskan dari Ar-Robi’ bin Anas berkata : dua ayat (ayat 6-7) diturunkan pada perang ahzab.

No comments:

Post a Comment

Advertisement
Advertisement