Friday, July 31, 2020

WAKTU YANG TERBATAS, HISAB YANG PASTI

WAKTU YANG TERBATAS, HISAB YANG PASTI

Manusia berpacu dengan waktu terkadang lupa waktu demi meraih kesuksesan dunia atau memperebutkan kekuasaan dgn menghalalkan segala cara, padahal alangkah baiknya mengisi kehidupan ini dengan amalan sholeh sebagai kewajiban individu muslim di dunia. Mumpung masih ada waktu untuk berbekal di akhirat, maka gunakanlah waktu sebaik-baiknya agar mendapatkan kehidupan yang nyaman di dunia dan aman di akhirat nanti. Hanya sebentar kita hidup di dunia ini, maka janganlah disia-siakan. Waktu adalah amal shaleh.

مَنْ عَمِلَ صَا لِحًـا مِّنْ ذَكَرٍ اَوْ اُنْثٰى وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَـنُحْيِيَنَّهٗ حَيٰوةً طَيِّبَةً ۚ وَلَـنَجْزِيَـنَّهُمْ اَجْرَهُمْ بِاَ حْسَنِ مَا كَا نُوْا يَعْمَلُوْنَ

"Barangsiapa mengerjakan kebajikan, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka pasti akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan akan Kami beri balasan dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan." (QS. An-Nahl 16: Ayat 97)

Karena setiap manusia akan diminta pertanggungjawaban di pengadilan Allah SWT maka perhatikanlah nasehat di bawah ini agar tidak menyesal ketika diperlihatkan Amaliah di Padang Mahsyar:

1.      Tanggung jawab lisan

اَلْيَوْمَ نَخْتِمُ عَلٰۤى اَفْوَاهِهِمْ وَتُكَلِّمُنَاۤ اَيْدِيْهِمْ وَتَشْهَدُ اَرْجُلُهُمْ بِمَا كَا نُوْا يَكْسِبُوْنَ

"Pada hari ini Kami tutup mulut mereka; tangan mereka akan berkata kepada Kami dan kaki mereka akan memberi kesaksian terhadap apa yang dahulu mereka kerjakan." (QS. Ya-Sin 36: Ayat 65)

2.      Buku Catatan

اِقْرَأْ كِتٰبَك َ ۗ كَفٰى بِنَفْسِكَ الْيَوْمَ عَلَيْكَ حَسِيْبًا ۗ

"Bacalah kitabmu, cukuplah dirimu sendiri pada hari ini sebagai penghitung atas dirimu." (QS. Al-Isra' 17: Ayat 14)

3.      Dibalasnya semua Amal

يَّوْمَ تَشْهَدُ عَلَيْهِمْ اَلْسِنَـتُهُمْ وَاَ يْدِيْهِمْ وَاَ رْجُلُهُمْ بِمَا كَا نُوْا يَعْمَلُوْنَ

"pada hari,  (ketika)  lidah,  tangan,  dan kaki mereka menjadi saksi atas mereka terhadap apa yang dahulu mereka kerjakan."

يَوْمَئِذٍ يُّوَفِّيْهِمُ اللّٰهُ دِيْنَهُمُ الْحَـقَّ وَيَعْلَمُوْنَ اَنَّ اللّٰهَ هُوَ الْحَـقُّ الْمُبِيْنُ

"Pada hari itu Allah menyempurnakan balasan yang sebenarnya bagi mereka,  dan mereka tahu bahwa Allah Maha Benar, Maha Menjelaskan."(QS. An-Nur 24: Ayat 24-25)

4.      Doa agar diberi perlindungan di hari Qiyamat

رَبَّنَاۤ اِنَّكَ جَا مِعُ النَّا سِ لِيَوْمٍ لَّا رَيْبَ فِيْهِ ۗ اِنَّ اللّٰهَ لَا يُخْلِفُ الْمِيْعَا دَ

"Ya Allah Tuhan kami, Engkaulah yang mengumpulkan manusia pada hari yang tidak ada keraguan padanya. Sungguh, Allah tidak menyalahi janji." (QS. Ali 'Imran 3: Ayat 9)

 

Begitulah semua manusia diberi waktu luang  untuk berbekal dan mengisinya dengan amal shaleh di dunia dalam menghadapi perjalanan jauh menuju Allah SWT di akhirat nanti.

Orang orang yang beriman insya Allah akan masuk surga karena berbekal dengan iman serta taqwa mereka hidup dalam ketaatan kepadaNya.

 

"Untuk meraih husnul khatimah, biasakanlah menutup hari kita dengan amal-amal kebaikan. Jangan biarkan hari berakhir dan kita beranjak tidur kecuali amal kebaikan menjadi aktivitas terakhir yang kita kerjakan. Mari sama-sama coba hingga amal tersebut hanya satu rakaat solat sunnah atau permulaan ayat Al Quran atau bahkan satu lafaz istighfar memohon keampunan."


No comments:

Post a Comment

Advertisement
Advertisement