Wednesday, July 29, 2020

ALLAH AKAN MENOLONG 3 GOLONGAN INI DAN MEMASUKKANNYA KE DALAM SURGA.

3 GOLONGAN YANG ALLAH TOLONG

Dari sahabat Jabir bin Abdullah, Nabi Muhammad Saw bersabda:
عَنْ جَابِرٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ثَلاَثٌ مَنْ كُنَّ فِيهِ نَشَرَ اللَّهُ عَلَيْهِ كَنَفَهُ وَأَدْخَلَهُ جَنَّتَهُ رِفْقٌ بِالضَّعِيفِ وَشَفَقَةٌ عَلَى الوَالِدَيْنِ ، وَإِحْسَانٌ إِلَى الْمَمْلُوكِ
“Tiga orang yang kelak akan Allah lindungi di bawah naungannya dan Allah masukkan surga: suka menolong orang lemah, menyayangi kedua orang tua dan baik kepada hamba sahaya.”

Golongan pertama yang disebut Nabi Muhammad dalam hadis di atas adalah orang yang suka menolong orang lemah. Orang lemah bisa dimaknai orang yang fakir dan miskin, orang yang tengah membutuhkan bantuan atau mereka yang terdzalimi. Bantuan yang diberikan pun tidak harus selamanya berwujud materi. Bantuan-bantuan lainnya yang bisa memudahkan dan meringankan beban orang lain juga merupakan jenis bantuan yang dimaksud dalam hadis di atas.

Golongan kedua yang akan ditolong oleh Allah, sebagaimana yang disebut oleh Nabi Muhammad Saw adalah mereka yang menyayangi orang tua. Berbakti kepada kedua orang tua; tidak bersikap kasar, mendengarkan petuah dan merawatnya di hari tua. Ini juga ciri-ciri anak yang shalih, yang do'anya akan menjadi pahala bagi orang tuanya meskipun sudah meninggal dunia.
Golongan terakhir yang disebut dalam hadis dan akan dimasukkan ke dalam surga adalah mereka yang selalu bersikap baik kepada hamba sahaya. Dulu di masa Nabi, hamba atau budak selalu diperlakukan layaknya benda. Si majikan bebas berbuat apapun kepada budaknya. Dan mayoritas yang terjadi adalah perbuatan majikan yang kasar dan tidak manusiawi terhadap budaknya.

No comments:

Post a Comment

Advertisement
Advertisement