Tuesday, July 28, 2020

UJIAN HIDUP

UJIAN HIDUP

 

UJIAN HIDUP

ليخفف الم البلاء عنك علمك بانه هو المبلي لك فالذي واجهتك منه اللاقدار هو الذي عودك حسن الاختيار

Agar ujian terasa ringan engkau harus mengetahui bahwa Allah-lah yang memberi ujian. Dzat yang menetapkan takdir atasmu adalah Dzat yang selalu memberimu pilihan terbaik. --Syekh Ibnu Atha'illah, Al-Hikam

 

Menurut Abdullah Asy-Syarqawi, kita harus sadar bahwa Allah dan bukan yang lainnya,  Dia yang lebih mengetahui kebaikan pada dirimu sendiri. Kesadaran ini akan menjadi sebab kebahagiaan, kesenangan, ketawakalan dan kesabaran. Dzat yang menetapkan perkara yang ditakdirkan untukmu seperti penyakit, hilangnya harta, dan anak atau lainnya adalah Dzat yang memilih untukmu berkarakter baik yang sesuai dengan dirimu.

Dalam kehidupan ini pun kita sering menyaksikan bahwa selalu ada orang yang  berbuat baik kepadamu, dan boleh jadi sewaktu-waktu bersikap buruk dan berbuat tidak baik kepadamu. Sekalipun demikian kau tetap harus sabar menghadapi sikap buruknya, karena mungkin saja keburukan sikapnya itu didasari oleh niat baik dari dalam lubuk hatinya.

Demikian pula seorang hamba, jika ia mengetahui bahwa Allah Maha Pemurah, Maha Lembut, Maha Melihat kepadanya, maka setiap petaka dan ujian dijatuhkan kepadanya tidak perlu dipedulikan, karena Allah tidak menghendaki darinya kecuali kebaikan.  Dengan kesadaran itu dia akan berbaik sangka kepada Allah dan yakin bahwa itu adalah pilihan-Nya untukmu. Dia harus yakin bahwa dalam ujian itu terkandung maslahat tersamar bagi dirinya yang tidak diketahui kecuali oleh Allah SWT.

Allah SWT berfirman:

وَعَسَىٰٓ أَن تَكۡرَهُواْ شَيۡ‍ٔٗا وَهُوَ خَيۡرٞ لَّكُمۡۖ وَعَسَىٰٓ أَن تُحِبُّواْ شَيۡ‍ٔٗا وَهُوَ شَرّٞ لَّكُمۡۚ وَٱللَّهُ يَعۡلَمُ وَأَنتُمۡ لَا تَعۡلَمُونَ

"Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu. Allah Maha Mengetahui sedangkan kamu tidak mengetahui." (QS Al-Baqarah (2): 216)

 

 -Disarikan dari Kitab Al-Hikam karya Syekh Ibnu Atha'illah, syarah Syekh Abdullah Asy-Syarqawi.

 

Bila ujian datang,

maknanya rahmat Allah nak datang .


No comments:

Post a Comment

Advertisement
Advertisement