Friday, June 12, 2015

INILAI KEWAJIBAN KITA TERHADAP KERABAT


MEMENUHI HAK KERABAT


 Kerabat adalah semua orang yang mempunyai hubungan kekeluargaan dengannya. Allah SWT telah memerintahkan kita untuk menyambung tali kekeluargaan dan melarang kita memutuskan ikatan yang mulia itu. Nabi SAW bersabda dalam hadits qudsi dengan terjemah :

 “Aku adalah Ar-Rahman, sementara ini, ini adalah Ar-Rahim. Nama-Ku merupakan asal dari kata itu. Oleh karena itu, siapa saja yang menyambungnya, aku pun menyambung hubungan dengannya. Sebaliknya, siapa saja yang memutuskan, aku pun memutus hubungan dengannya”.

Dengan demikian, kita harus memerhatikan dan menunaikan hak mereka. Kita tidak dibenarkan menyakiti salah seorang di antara mereka baik dengan perkataan atau perbuatan.

Kita harus bisa bersikap  rendah hati kepada mereka. Kita harus siap menanggung sesuatu yang tidak mengenakkan dari mereka, meskipun it uterus saja dilakukan. Kita juga diminta untuk menanyakan bila ada salah seorang di antara mereka yang tidak terlihat di tengah-tengah kita dalam beberapa hari. Kita juga punya kewajiban untuk membantu mereka dalam memperoleh kebutuhan-kebutuhan mereka, tentu saja semua itu bisa dilakukan bila kita mampu.

Kewajiban kita yang lain adalah sedapat mungkin mencegah sesuatu yang membahayakan mereka.

وَأَنْذِرْ عَشِيرَتَكَ الأقْرَبِينَ

Dan berilah peringatan kepada kerabat-kerabat mu yang terdekat!.

Dan akhirnya, bilamana mereka tidak membutuhkan sesuatu, hendaklah kita sering mengunjungi dan bersilatur rahim dengan mereka.

وَاللَّهُ اَعْلَمُ

No comments:

Post a Comment

Advertisement
Advertisement