Sunday, June 14, 2015

JAGALAH HUBUNGAN PERSAUDARAAN MU!


MENJAGA HUBUNGAN PERSAUDARAAN



Persaudaraan adalah ikatan antara dua orang yang terjalin cinta kasih di antara keduanya. Konsekuensinya, masing-masing dituntut untuk mampu berkorban baik dengan harta maupun dengan jiwa. Keduanya juga dituntut untuk mau memaafkan kesalahan kawannya, bersikap ikhlas dan setia. Masing-masing dituntut untuk meringankan beban temannya dan tidak memaksanya untuk melakukan sesuatu. Keduanya dituntut tidak mengucapkan perkataan yang menyakitkan kawannya dan hanya berbicara tentang segala sesuatu yang dibenarkan agama.

Oleh karenanya, satu sama lain harus mampu saling amar ma’ruf dan nahi munkar. Masing-masing juga harus saling mendoakan agar selalu sukses dalam segala hal dan tetap menempuh jalan yang benar.

Banyak sekali keistimewaan hubungan persaudaraan. Hubungan persaudaraan mendorong untuk berperilaku baik dan mempersatukan antara hati yang tidak tertaut. Dengan adanya hubungan persaudaraan, hubungan di antara kedua orang yang sedang bertikai dapat diperbaiki. Allah telah menjadikan hubungan persaudaraan itu sebagai hasil dari tanaman ketakwaan. Firman Allah SWT :

يَسۡ‍َٔلُونَكَ عَنِ ٱلۡأَنفَالِۖ قُلِ ٱلۡأَنفَالُ لِلَّهِ وَٱلرَّسُولِۖ فَٱتَّقُواْ ٱللَّهَ وَأَصۡلِحُواْ ذَاتَ بَيۡنِكُمۡۖ وَأَطِيعُواْ ٱللَّهَ وَرَسُولَهُۥٓ إِن كُنتُم مُّؤۡمِنِينَ 

Mereka menanyakan kepadamu tentang (pembagian) harta rampasan perang. Katakanlah: "Harta rampasan perang kepunyaan Allah dan Rasul, oleh sebab itu bertakwalah kepada Allah dan perbaikilah perhubungan di antara sesamamu; dan taatlah kepada Allah dan Rasul-Nya jika kamu adalah orang-orang yang beriman"

وَاللَّهُ اَعْلَمُ

No comments:

Post a Comment

Advertisement
Advertisement