Thursday, June 4, 2015

INI DIA ETIKA SEORANG PENDIDIK

ETIKA SEORANG PENDIDIK


Seorang pendidik menjadi penunjuk jalan bagi muridnya untuk mencapai kesempurnaan ilmu dan pengetahuan. Oleh karena itu, dipersyaratkan bagi seorang pendidik untuk memiliki sifat-sifat terpuji. Bila dibandingkan dengan kejiwaan si pendidik, tentu saja kondisi kejiwaan seorang murid masih dikatakan belum stabil. 

Jika seorang pendidik memiliki sifat-sifat sempurna, maka si murid akan mengikutinya. Sebaliknya, jika pendidik memiliki sifat-sifat tercela, maka muridnya cenderung mengikutnya. Dengan kata lain “GURU DIKENAL KARENA MURIDNYA, MURID DIKENAL KARENA GURUNYA”.

Oleh karenanya, seorang pendidik harus menjadi seorang yang bertakwa, rendah hati, dan ramah tamah agar dicintai oleh murid-muridnya sampai murid-muridnya mendapat manfaat dari keberadaanya sebagai seorang yang menyuplai pengetahuan kepada anak didiknya.

Dan juga, ia harus menjadi pemaaf dan berwibawa agar menjadi teladan bagi murid-muridnya. Serta menunjukkan kasih saying supaya si murid bersemangat besar dalam menerima pelajaran yang diberikan.

Seorang pendidik juga harus bias menasehati dan mendidik murid-muridnya dengan pendidikan yang baik. Dan tidak dibenarkan mengajarkan pelajaran yang dapat menjerumuskan anak muridnya kepada kebathilan dan kemaksiatan.

خَيْرُ النَّاسِ اَنْفَعَهُ لِلنَّاسِ.

sebaik-baik manusia adalah dia yang memberi manfaat kepada manusia lain”.


وَاللَّهُ اَعْلَمُ

No comments:

Post a Comment

Advertisement
Advertisement